Rumah Relawan Remaja Aceh Raih Apresiasi TBM Kreatif-Rekreatif 2019

WhatsApp Image 2019-09-07 at 11.45.30

Rumah Relawan Remaja (3R) yang merupakan komunitas sosial di Aceh meraih penghargaan Taman Baca Masyarakat (TBM) Kreatif-Rekreatif 2019 melalui program Pustaka Kampung Impian. Apresiasi ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada puncak Hari Aksara Internasional di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan (7/9/2019). Peringatan ini jugaaa dihadiri langsung oleg Mendikbud, Muhadjir Effendy.

“Apresiasi ini adalah hasil dukungan berbagai pihak, terkhusus para relawan yang kami sebut Guru Impian. Para Guru Impian yang datang langsung ke berbagai desa terpencil, hidup berbaur dan melaksanakan berbagai program bersama masyarakat.” tutur Rahmiana Rahman selaku Manajer Program 3R yang menerima langsung apresiasi tersebut.

Selain penghargaan TBM Kreatif-Rekreatif 2019, berbagai penghargaan juga diberikan oleh Kemendikbud kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam bidang keaksaraan, antara lain berupa Anugerah Aksara Bagi Pemkab/Pemkot, Penghargaan Tokoh Komunitas Adat Terpencil, Penghargaan untuk Pegiat Perempuan, Penghargaan Mitra Peduli PAUD dan Dikmas, Lomba Video dan Foto Literasi Masyarakat.

Penerimaan apresiasi yang digelar pada puncak Hari Aksara Internasional tersebut ini adalah salah satu agenda dari kegiatan Festival Literasi Indonesia (FLI) 2019 yang dihelat pada tanggal 5-8 September 2019 di Makassar. Selama FLI berlangsung, berbagai lokakarya kepenulisan, lokakarya praktik baik Pemda terkait kebijakan literasi masyarakat, bedah buku Residensi Pegiat Literasi 2019 juga digelar dan dihadiri oleh banyak orang.

Sebagai salah satu undangan dan peserta aktif FLI, perwakilan 3R juga berbagi tentang praktik kreatif dan rekreatif yang dilaksanakan melalui program Pustaka Kampung Impian kepada para tamu undangan yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Adapun program Pustaka Kampung Impian merupakan program belajar alternatif dari komunitas 3R melalui pengadaan perpustakaan kecil di berbagai kampung terpencil dan pengiriman relawan yang disebut Guru Impian untuk memfasilitasi masyarakat belajar di perpustakaan tersebut. Sejak diselenggarakan tahun 2016, program ini telah dilaksanakan di desa Bah dan Serempah; Kab. Aceh Tengah, desa Sarah Baru; Kab. Aceh Selatan; desa Balingkarang; Kab. Aceh Tamiang; desa Lapeng, Pulo Aceh; Kab. Aceh Besar dan Klieng Cot Aron; Kab. Aceh Besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *