Peace Camp 2019 Memberi Warna-warni Kebahagiaan

DSC_0166

Peace Camp 2019 lancar digelar. Agenda tahunan Rumah Relawan Remaja (3R) di tahun ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juni – 3 Juli 2019 di desa Baling Karang, Kabupaten Aceh Tamiang.

Berbagai persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh para relawan 3R. Dimulai dari berbagai rapat persiapan pendaftaran, publikasi pendaftaran melalui media sosial, pemilihan penanggungjawab untuk berbagai jenis kegiatan selama di desa, persiapan hingga simulasi berbagai konten.

Setelah melakukan publikasi pendaftaran untuk mencari orang-orang muda yang juga ingin belajar hidup bersama masyarakat di desa Baling Karang melalui kegiatan Peace Camp 2019 ini, kami – para relawan – semakin gencar melaksanakan berbagai persiapan kegiatan tersebut. Ini menjadi salah satu agenda utama selama bulan Ramadan. Simulasi konten terdiri dari penampilan wayang, drama, menyanyikan beberapa lagu, mempersiapkan ice breaking serta permainan yang terkadang mengundang tawa. Selain itu, ada latihan membuat prakarya yang merupakan bagian dari kegiatan kemasyarakatan ini.

Adapun detail kegiatan dimulai dari orientasi fisik berupa pendakian ke Cot Tulo Po, orientasi kurikulum di sekretariat 3R, kegiatan di desa Baling Karang serta evaluasi kegiatan. Adapun kegiatan di desa akan dikemas dengan menarik yang mengambil sasaran anak-anak dalam agenda Peace School, pemuda serta masyarakat secara umum. Ada pula Festival Kampung yang akan menjadi puncak pelaksanaan Peace Camp 2019. Selama Festival Kampung, warga desa diberikan kegiatan yang menarik dan bermanfaa yaitu tantangan suami memberi riasan di wajah istri dan tantangan masak nasi goreng bersama keluarga.

Selama di desa, pelaksanaa kegiatan berjalan dengan lancer. Para warga setempat juga sangat mendukung terselenggaranya kegiatan di sana. Peace School bersama anak-anak, kelas prakarya dan lokakarya kesehatan bersama ibu-ibu, kemeriahan festival kampung,  kekompakan para relawan/peserta, keramahtamahan masyarakat desa serta indahnya Balingkarang adalah kenangan yang tidak terlupakan dan memberi kesan yang mendalam.

Besar harapan kami, semoga kegiatan Peace Camp memberi warna kebahagiaan untuk masyarakat desa Baling Karang serta para peserta Peace Camp 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *