#HanbokForBooks, Kewirausahaan Sosial untuk Membeli Buku-Buku

WhatsApp Image 2019-07-13 at 15.16.46Tidak seperti akhir pekan biasanya, Minggu, 14 Juli 2019 Rumah Relawan Remaja (3R) melakukan peluncuran kegiatan baru yang merupakan bagian dari social enterprise atau kewirausahaan social dengan nama #HanbokForBooks. Kegiatan ini dijalankan dengan menyewakan baju Hanbok yang merupakan pakaian tradisional Korea Selatan, Hasil dari penyewaan itu digunakan sebagai donasi pembelian buku-buku dan perlengkapan belajar anak-anak di desa-desa terpencil di Aceh yang merupakan sasaran program Pustaka Kampung Impian.

Sehari sebelumnya, persiapan untuk kegiatan ini dilaksanakan di secretariat 3R dengan mengumpulkan Hanbok, buku-buku bacaan serta beberapa karya kerajinan tangan dari anak-anak Pustaka Kampung Impian.

Pagi itu, kegiatan yang direncanakan akan mulai pukul 07.00 WIB harus tertunda sampai pukul 09.00 WIB karena hujan yang mengguyur sekitaran Peukan Bada. Meskipun begitu, lapangan Blang Padang yang memang tidak pernah sepi dari pengunjung saat akhir pekan tiba, masih menjadi tempat strategis untuk memulai mempromosikan kegiatan #HanbokForBooks ini. Tim 3R mulai mempersiapkan lapak baca yang disediakan untuk memberi dukungan membaca bagi masyarakat, baju-baju hanbok yang disewakan serta beberapa karya kerajinan tangan yang di perjualbelikan.

Setelah semuanya tertata rapi dan tim siap membuka lapak, beberapa orang dari tim berinisiatif untuk berkeliling lapangan dengan menggunakan Hanbok untuk memperkenalkan program ini.

Tak berselang lama, satu per satu pengunjung lapangan Blang Padang yang lewat mulai tertarik untuk membaca, menggunakan Hanbok dan bertanya beberapa hal terkait program 3R. Menurut hemat saya, pakaian tradisional Korea Selatan ini mampu memikat beberapa orang untuk menggunakannya. Tak hanya untuk sekadar berpose cantik dengan pakaian tersebut, orang-orang yang datang juga sangat tertarik untuk ikut berdonasi. Tidak hanya remaja, bahkan ibu-ibu dan pasangan suami istri juga ikut menggunakan Hanbok dan berfoto bersama. Pengunjung lainnya juga meramaikan lapak baca, Bahkan ada satu orang anak yang dengan lahap menghabiskan lima buku bacaan sekaligus. Sayangnya, ia sangat pemalu saat diajak berkenalan.

Kedepannya, kegiatan ini akan dijadikan kegiatan rutin bulanan yang diadakan pada hari minggu setiap pertengahan bulan. #HanbokForBooks juga menunggu informasi expo yatau kegiatan lain yang bisa digunakan untuk semakin mempromosikan kewirausahaan social 3R ini. Silahkan kabari kami yah!

Ditulis oleh Nourica Hastuti

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *