Guru Pustaka Impian Belajar Teknik Dongeng Yang Menyenangkan

DSC_0825

Enam orang guru Pustaka Kampung Impian tahun 2018-2019 mengikuti orientasi kurikulum yang dilaksanakan mulai tanggal 10-14 September 2018 di Sekretariat Rumah Relawan Remaja (3R) di Peukan Bada. Salah satu materi dalam orientasi kurikulum tersebut adalah Storytelling. Materi “Storytelling” ini diisi oleh Gracia dan Novi yang merupakan anggota Kampung Dongeng (KaDo) Aceh.

Gracia dan Novi memulai sharing dengan memaparkan bahwa tujuan “Storytelling” adalah menyampaikan moral (sesuatu yang baik) untuk anak-anak sehingga diperlukan tehnik bercerita yang menyenangkan.

”Untuk bercerita dengan menyenangkan perlu dimulai dari diri sendiri, ,menjadi pribadi yang menyenangkan, mempunyai kesiapan untuk bercerita dan mengetahui jenis cerita dan gaya bercerita untuk audiens,” tutur Gracia.

Oleh karena itu, Gracia dan Novi juga berbagi unsur-unsur gaya dalam menyampaikan cerita menurut Kendal Haven yang meliputi  unsur gaya suara misalnya intonasi suara, variasi suara serta karakter dan unsur gaya fiskal yang meliputi gerak tubuh atau gesture serta ekspresi.

Sebagai latihan, para guru impian mempraktekkan intonasi suara dengan berbagai karakter, misalnya kakek, nenek, ibu dan ayah. Selain itu, kedua pemateri memberi tantangan kepada para guru impian mendongeng dengan cerita yang dibuat secara bersambung dan spontan.

Materi “Storytelling” ini perlu dipelajari lebih dalam lagi oleh para guru impian karena saat mereka berada di desa-desa akan banyak berinteraksi dengan anak-anak. Dengan aplikasi materi “storytelling,” para guru impian akan menunjukkan metode yang baik dalam menyampaikan hal-hal baik pula.

DSC_0827

DSC_0828

DSC_0829

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *