Asyiknya Kelas Menulis di Pustaka Impian Klieng Cot Arun

IMG-20190919-WA0110 (1)

Salah satu program Pustaka Kampung Impian Klieng Cot Arun adalah Kelas Menulis. Program ini sudah berjalan sejak tanggal 27 Juli 2019. Jumlah anak yang bergabung dalam kelas menulis berjumlah 7 orang. Mereka berumur 10-13 tahun. Mereka mengikuti kelas menulis setelah pulang dari sekolah atau tempat mengaji. Kelas yang dimulai dari pukul 15.00 – 17.00 WIB ini diadakan dua kali dalam seminggu yaitu pada hari Selasa dan Sabtu. Dibawah bimbingan Lathifah dan Mulia sebagai pustakawan, anak-anak di pustaka sangat antusias dalam mengikuti kelas menulis ini. Itu terlihat jelas saat datang ke pustaka, mereka langsung bertanya tentang topik yang akan mereka tulis.

Mengenai materi pembahasan dalam kelas menulis, beberapa kali pustakawan memberi topik. Kemudian, anak-anak menulis sesuai dengan topik yang diberikan. Namun, ada kalanya, anak-anak menulis karangan bebas sesuai dengan apa yang mereka  ingin tulis. Sebagai pustakawan di sini, saya melihat saat menulis karangan bebas, anak-anak di sini lebih kreatif dan imajinatif. Ide-ide cemerlangnya pun lebih berkembang.

Ada banyak hal yang anak-anak tuliskan, misalnya tentang keluarga, sekolah dan sahabat. Menurut kedua pustakawan, tulisan yang dihasilkan oleh anak-anak di usia mereka saat ini adalah tulisan yang sangat bagus dan memiliki potensi untuk terus dikembangkan.

Ada juga beberapa hal lucu selama di kelas. Misalnya saja, beberapa kali pustakawan menjumpai anak-anak yang tidak mengizinkan pustakawan membaca tulisan mereka karena malu.

Tulisan tangan anak-anak yang sudah selesai ditulis itu lalu dibaca dan diperiksa. Secara perlahan, pustakawan juga mengajarkan penggunaan huruf secara tepat, misalnya menulis huruf kapital di huruf pertama pada permulaan sebuah kalimat.

Ditulis oleh Mulia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *