3R Gelar Lokakarya Pembuatan Pembalut Kain

WhatsApp Image 2019-08-12 at 11.29.47

Rumah Relawan Remaja (3R) yang merupakan salah satu komunitas sosial di Aceh menggelar lokakarya pembuatan pembalut kain (8/8/2019). Kegiatan yang dilaksanakan di sekretariat 3R di daerah Peukan Bada ini merupakan bagian dari program Community Sharing, sebuah program bulanan yang dilaksanakan secara gratis dan terbuka untuk umum dengan berbagai tema yang menarik.

Penanggungjawab kegiatan, Rahmiana Rahman, mengemukakan bahwa kegiatan lokakarya dengan tema Pembuatan Pembalut Kain ini dilaksanakan untuk mengedukasi para perempuan muda untuk mulai membuat dan menggunakan pembalut kain. “Pembalut sekali pakai merupakan salah satu penghasil sampah dalam jumlah yang banyak. Selain itu, penggunaan pembalut sekali pakai apalagi yang menggandung klorin yang tinggi akan memicu berkembangnya kanker serviks. Oleh karena itu, pembalut kain bisa menjadi solusi,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan bahwa lokakarya yang dilaksanakan sehari sebelum para relawan 3R libur lebaran Iduladha ini berlangsung dalam dua sesi, yaitu presentasi dengan judul Penggunaan Pembalut Kain dari narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan lokakarya yang dibimbing oleh beberapa fasilitator. Semua bahan kain dan alat jahit tangan sudah dipersiapkan, sehingga para peserta bisa langsung membuat pembalut kain masing-masing.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya bisa belajar membuat pembalut yang mudah dibuat dan lebih ramah lingkungan,” tutur Tari, salah seorang peserta yang berasal dari Universitas Riau, tapi sedang berlibur di Banda Aceh.

Lokakarya dengan tema Pembuatan Pembalut Kain ini akan rutin digelar sekali sebulan hingga akhir tahun ini. Jika ada komunitas yang tertarik untuk belajar membuat pembalut kain, silahkan hubungi kami melalui Instagram @rumahrelawanremaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *