Tips Bertahan Menjadi Relawan

Tim 3R saat ada kegiatan untuk kemanusiaan di Lhokseumawe (Foto Walida)

Ditulis oleh Walida

Menjadi relawan memberikan banyak manfaat, baik bagi pengembangan personal maupun profesional. Pernyataan ini tentu banyak diungkapkan banyak orang yang terus berkontribusi menjadi relawan.

Nah, di bawah ini, saya berbagi beberapa tips untuk kita untuk bisa terus bertahan menjadi relawan.

  1. Ingat Tujuan Awal

Ada banyak tujuan ketika memutuskan menjadi relawan. Ketika sudah terjun, terkadang ada ada hal yang membuat semangat bisa down. Ketika ini terjadi, coba ingat tujuan awal. Misalnya, tujuan kita ingin berkontibusi di dunia Pendidikan. Tujuan ini tentu akan membuat kita kembali semangat untuk terus berkontribusi sesuai kemampuan.

  • Mau Belajar

Dengan menjadi relawan, akan ada hal-hal baru yang bisa kita pelajari. Dengan keinginan untuk terus belajar, tentu ada menambah skill untuk bisa berkontribusi lebih baik lagi.

  • Bekerjasama dengan Tim

Sebagai relawan, kita akan sering bertemu dengan orang baru. Disinilah kita perlu terus belajar bekerjasama dengan tim agar bisa menyesuaikan diri dengan baik, demi tim yang solid dan kerja-kerja kemanusiaan yang efektif.

  • Kesabaran

Ada banyak tantangan dan hambatan yang bisa dirasakan ketika memutuskan terjun sebagai relawan. Ini bisa saja menguras emosi, fisik dan pikiran. Oleh karena itu, kesabaran adalah kunci mengatasi tantangan dan hambatan tersebut.

  • Menjaga Kekuatan Fisik.

Tubuh harus tetap bugar! Kalau sakit, bagaimana terjun ke masyarakat dengan maksimal? Oleh karena itu, kita perlu menjaga pola makan sebagai bagian dari prioritas Kesehatan hidup.

  • Kesiapan Perlengkapan

Ini merupakan bagian dari perencanaan. Beragam medan akan kita lalui sehingga berbagai persiapan pun diadakan. Dengan perlengkapan yang siap, kita pun tidak akan merepotkan orang lain. Apalagi sebagai relawan, tentu kita tidak mau dong merepotkan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *